Cara Merawat Sofa Kesayangan

Cara Merawat Sofa dan Tips-Tips Ampuh Merawat Sofa Kesayangan Keluarga Sehat Anda Sebagai Acuan Keluarga Sehat dan Bahagia.

Cara merawat sofa Kesayangan

yang baik sebaiknya disesuaikan dengan bahan lapisan luar atau permukaan dari sofa Anda. Hal ini agar sofa lebih terjaga kebersihan serta lebih tahan lama. Sofa merupakan salah satu perabot yang pasti dimiliki oleh seseorang di rumahnya. Sofa akan membuat rumah nampak lebih mewah dan artistik. Harga jual maupun beli sebuah sofa juga cukup mahal. Maka dari itu Anda haruslah rajin-rajin merawat sofa kesayangan Anda agar tetap bersih dan awet.

Selain merawat, Anda juga harus rutin membersihkan sofa Anda. Sofa murah hingga mahal sekalipun tidak akan pernah luput dari yang namanya kotoran. Kotor pada sofa umumnya disebabkan oleh kotoran serta debu. Jika lama tidak dibersihkan, maka kotoran atau debu tersebut akan menempel dan akan susah untuk dibersihkan. Untuk itu, Anda harus tahu betul cara membersihkan sofa yang baik dan aman untuk sofa kesayangan Anda. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara merawat sofa Anda dengan baik dan benar.

cara merawat sofa kesayangan, cara merawat sofa

cara merawat sofa kesayangan, cara merawat sofa

Tips Ampuh Merawat Sofa

Sofa memiliki berbagai macam bentuk dan jenis serta peletakannya pada rumah Anda. sofa sering digunakan sehingga akan membuat sofa cepat kotor atau rusak. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda harus rajin merawat sofa Anda dan tahu betul bagaimana cara merawat sofa. Berikut ini tips ampuh dalam cara merawat sofa kesayangan Anda :

Hindari duduk pada spot yang sama
Maksudnya, sebaiknya Anda jangan duduk pada tempat yang sama pada sofa milik Anda. Misalnya jangan duduk selalu di ujung sofa sebelah kanan, sesekali berpindah ke tengah atau ke ujung sisi yang lain. Hal ini perlu Anda lakukan supaya sofa Anda akan terus terlihat baik. Penempatan bantal pada sofa pun juga harus sering bergantian posisinya agar sofa terlihat terus menarik.

Hindari sofa dari paparan sinar matahari secara langsung
Hal ini bertujuan agar sofa Anda tidak mudah luntur warnanya, terutama bagi Anda yang memiliki sofa berbahan dasar kulit. Selain sinar matahari, panas yang dihasilkan dari radiator juga berbahaya untuk sofa Anda. Jadi, hindari sofa Anda terkena panas secara langsung sebab sofa Anda akan menjadi pecah-pecah serta kering pada bagian permukaannya.

Bersihkan secara teratur
Hal ini lah yang paling penting untuk Anda lakukan dalam cara merawat sofa. Kewajiban ini perlu dilakukan secara berkala dan teratur agar sofa lebih awet atau tahan lama. Berbagai noda bisa merusak keindahan sofa Anda seperti keringat, debu, kotoran, cairan yang mengandung lemak serta garam. Anda harus segera membersihkan sofa Anda bila terkena berbagai noda tersebut. Anda bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan noda tersebut.

Jika Anda dan keluarga memiliki binatang peliharaan sebaiknya bersihkan sofa Anda setiap hari. Anda bisa menggunakan mesin penyedot debu untuk membantu Anda. Ada beberapa sofa yang bagian permukaannya mudah sekali tertempel noda sehingga Anda harus memberi perhatian lebih pada sofa Anda. Sebelum menggunakan mesin penyedot debu sebaiknya bersihkan dahulu dengan sikat plastik.

Segera bersihkan sofa Anda jika terkena noda. Sebab, jika Anda terlambat membersihkan noda itu maka akan menempel dan susah dihilangkan. Bahan-bahan seperti kulit asli, sutra, beludru hingga linen akan sangat mudah tertempel noda. Anda bisa menggunakan cairan kimia untuk membersihkannya, tapi jika Anda tidak paham benar bagaimana menggunakannya sebaiknya dihindari saja.

cara merawat sofa kesayangan, cara merawat sofa

Cara Merawat Sofa Berdasarkan Jenis Bahan Sofa

Cara merawat sofa yang baik haruslah memerhatikan apa bahan cover dari sofa Anda. Hal ini agar pembersihan dan perawatan sofa Anda lebih maksimal. Dengan begitu, sofa Anda akan tampak selalu bagus dan lebih tahan lama. Berikut ini jenis-jenis cover sofa beserta cara perawatannya :

  1. Polyester. Untuk merawat sofa yang menggunakan bahan polyester yakni hindari terkena air. Jadi, jika ingin membersihkan noda, bisa memanfaatkan dry cleaning.
  2. Kulit. Cara merawat sofa berbahan kulit yakni dengan memanfaatkan slipcover atau kain penutup. Hindari penggunaan bahan kimiawi yang berbahaya. Sebab penggunaan bahan berbahaya akan menyebabkan permukaan sofa serta warnanya mengalami abrasi.
  3. Katun. Merawat sofa dengan bahan dasar katun bisa dengan disetrika atau dibersihkan dengan air.
  4. Sutra atau silk. Bahan sutra atau silk bisa dibersihkan dengan memanfaatkan dry cleaning sebagai cara merawat sofa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *